Breaking News
Loading...
Saturday, April 27, 2013

Info Post

CALIFORNIA Astronom telah merilis gambar baru yang menunjukkan Betelgeuse, salah satu super raksasa merah terdekat dengan Bumi. Betelgeuse menampilkan cahaya misterius yang kabarnya dapat terlihat dengan mata telanjang sebagai objek terang, bintang merah di konstelasi Orion.


Dilansir Sciencedaily, Kamis (25/4/2013), gambar baru ini diambil oleh teleskop radio e-MERLIN yang dioperasikan dari Jodrell Bank Observatory di Cheshire. Gambar tersebut juga menunjukkan wilayah mengejutkan gas panas dalam atmosfer luar bintang.



Betelgeuse mudah terlihat dengan mata telanjang sebagai objek terang, bintang merah di area Orion the Hunter. Bintang ini memiliki ukuran sangat besar, yakni 1.000 kali lipat lebih besar dari matahari



Dengan ukuran raksasa tersebut dan berjarak 650 tahun cahaya, Betelgeuse bisa dilihat sebagai titik kecil di langit. Astronom memerlukan teknik khusus dengan menggunakan teleskop untuk bisa melihat rincian dari bintang serta wilayah di sekitarnya.



Gambar baru Betelgeuse yang ditangkap e-MERLIN ditampilkan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society. Betelgeuse menunjukkan atmosfernya yang meluas hingga lima kali lipat dari ukuran permukaannya.



Betelgeuse juga menunjukkan titik panas dalam atmosfer luar dan gas dingin di luar permukaan radio dari bintang. Titik panas (hot spot) ini dipisahkan oleh sekira setengah diameter visual bintang dan memiliki suhu sekira 4.000 - 5.000 Kelvin.



Artikel Terkait Seleb