Breaking News
Loading...
Wednesday, April 17, 2013

Info Post
Aceh Utara - Pelaksanaan ujian nasional (UN) diambang pintu, pengumuman yang sudah dipastikan, ujian akhir untuk kelulusan tersebut untuk jenjang SMA diselenggarakan pada Senin 15 April mendatang ini. Namun, kelulusan siswa 60 persen berngatung nasib pada nilai jawaban soal nasional.

Nilai bantuan dari ujian sekolah (US) siswa hanya akan mengantongi sebesar 40 persen, nilai maksimum rata-rata yang harus diperoleh siswa untuk lulus dengan nilai 5,5 dari enam mata pelajaran di masing-masing jurusan IPA dan IPS.

Penyelenggaraan ujian saat ini, hampir sama dengan penyelenggaraan ujian dua tahun terakhir ini, namun perbedaan yang sangat sakralnya pada perbedaan soal ditiap-tiap peserta UN tersebut, “Jika disekolah katakanlah terdapat sebanyak 100 siswa, maka perbedaan soal juga sejumlah banyak siswa tersebut, dalam hal ini akan menghindari upaya kecurang pembobolan soal dan juga kunci jawaban,” ujar Azari, Kabid Dikmen, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Aceh Utara.

Peserta ujian dipastikan akan bergantung nasib pada pada diri siswa yang bersangkutan, dengan kata lain, siswa tidak memungkinkan mendapatkan bantuan kunci jawaban yang disetas oleh oknum-oknum pengawas ujian. Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) taraf SMA 5.064, MA.1218, SMK 841, SMP 7588, MTs 1948, termasuk jenjang sekolah dasar (SD), kesluruhan jumlah peserta UN mencapai 29.413 siswa sedangkan jumlah sekolah UN SMA 42, MA 23, SMK 14, SMP 102, MTs 64. Tentunya, untuk menghadapi UN tersebut, berbagai upaya terus siapkan baik dinas, sekolah maupun siswa-siswi di 618 sekolah.

Amatan Acehnationalpost di SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye, sebanyak 119 dari jumlah siswa di SMA tersebeut sebanyak 402 siswa, sejumlah siswa yang siap mengikuti UN pada Jum’at (12/4) tadi diberikan pembekalan terakhir oleh kepala sekolah terkait. “Kita berharap kepada siswa, untuk mencaai kelulusan mereka sekurang-kurangnya harus mendapatkan nilai dari UN minimal 5, Insya Allah 75 persen siswa kita ini dikatakan lulus, sehingga perolah nilai akhir rata-rata 5,5,” terang Ramli SPd.

Selain perbedaan soal ditiap siswa, kertas lembaran soal ujian dan lembar jawaban satu, tidak terpisah-pisah. Tiap mata pelajaran, jumlah soal bervariasi. “Ada yang 50 dan 40 soal,” demikian tutur Ramli usai memberikan pembekalan terkait persiapan siswa yang akan melaksanakan UN, di Aula Mushalla SMA setempat. Antaranya, Umar salah satu peserta yang akan mengikuti UN mnyebutkan, dirinya berserta kawan-kawan siap menghadapi ujian, sebagaimana persiapan yang telah diarahkan pihak sekolah..***(Hf)



Artikel Terkait Nasional